Lahirnya Planet Termuda

Monday, October 24, 2011


Para astronom melaporkan, raksasa gas baru lahir dan dijuluki LkCa 15b yang mengorbit pada sebuah bintang sunlike 450 tahun cahaya jauhnya di konstelasi Taurus utara. Planet bayi besar ini bisa sampai enam kali massa Jupiter, menurut perhitungan berdasarkan teori, dan tampaknya mengorbit 11 kali lebih jauh dari bintang induknya.

"planet mungkin akan muncul merah mendalam untuk mata kita, karena itu masih menyala dari panas yang terbentuk," kata Adam Kraus, penulis utama studi dan astronom di Universitas Hawaii.

Kraus dan rekan memusatkan perhatian pada bintang muda yang didasarkan pada pengamatan sebelumnya yang menunjukkan kesenjangan mencolok dalam cangkang puing-puing di sekitar bintang. Kesenjangan tersebut dianggap tanda-tanda bahwa besar bahwa planet yang baru terbentuk mengelilingi dalam cangkakng gravitasi protoplanet itu akan membersihkan ruang yang ada disekitarnya dan menumpukkan gas dan debu materi.

"Ini adalah keuntungan besar bagi para astronom yang ingin menemukan planet-planet baru, dan kita tahu kira-kira di mana mencarinya," kata Kraus.

"Kami hanya perlu menemukan cara untuk membedakan planet yang sangat samar dari bintang induknya yang sangat terang." ungkap Krus.

Kraus dan timnya berencana untuk melanjutkan mengamati LkCa 15b sehingga mereka dapat menganalisan penurunkan suhu dan karakteristik orbital, seperti bentuk dan orientasi jalan di sekitar bintang tersebut. Tim juga berharap untuk memperluas pencarian pada bintang lain yang mungkin menjadi pertanyaan dasar tentang awal pembentukan planet.



Sumber: news.nationalgeographic.com
Photo:  news.nationalgeographic.com



Artikel Terkait Lainnya:

1 comments:

Aldy said...

kira" kalau ada kehidupan, seperti apa ya orgnya ? :D

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.