Lubang Ozon "Dua juta km persegi" di Kutup Utara

Friday, October 7, 2011

lubang ozon

Lubang ozon yang terletak 20 km di atas Kutub Utara telah membesar sebesar lima kali luas wilayah Jerman. Diperkirakan, pemanasan global menjadi penyebab utama terbukanya lubang di lapisan ozon tersebut. Perangkap gas rumah kaca pada ketinggian yang rendah mendinginkan stratosfer dan memecahkan molekul oksigen pada lapisan ozon.

Lapisan ozon berfungsi menyerap 97-99% sinar ultraviolet yang masuk ke bumi, hal ini sangat bermanfaat guna melindungi manusia dari efek yang mengerikan yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

Peneliti dari Jet Propulsion Laboratory NASA, Michelle Santee mengatakan bahwa penyebab utama dari kemunculan lubang ini diperlukan penelitian selama bertahun-tahun apakah ada penyebab lain yang menjadikan lubang ozon sebesar itu, jangan hanya melihat dari segi pandangan pemanasan global.

Menurut peneliti, lubang ini lebih bebas bergerak hingga mungkin dapat mencapai pemukiman manusia. Dengan fakta itu, lubang di atas Kutub Utara ini lebih berbahaya dibandingkan lubang di atas Kutub Selatan yang mempunyai ukuran lubang sama, yaitu sebesar dua juta km persegi.


Sumber: nationalgeographic.co.id



Artikel Terkait Lainnya:

3 comments:

Mang Lembu said...

sangat luas lobang itu.

Cerita dan Ilmu said...

apa bisa diperbaiki lubang ozonnya???kalo akan terus membesar kemungkinan akan segera mencapai pemukiman manusia....

putroe intan said...

pasti bisa mas, dengan mengurangi emisi bahan bakar dan menghijaukan kembali alam, saya rasa hal itu pasti terwujud.. :)

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.