Bunga Bangkai

Sunday, June 12, 2011


Bunga bangkai atau bahasa yunaninya disebut Amorphophallus titanum adalah termasuk dari suku tumbuhan talas-talasan. Tumbuhan ini dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar didunia. Namanya berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai membusuk. Bau busuk ini menjadi daya tarik untuk kumbang dan lalat penyengat hinggap pada bunga bangkai.

Tumbuhan ini memiliki dua fase dalam kehidupannya yang muncul secara bergantian, fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif muncul daun dan batang semunya, dapat mencapai tinggi 6m.

Bunga bangkai ini mekar untuk waktu sekitar seminggu, kemudian layu. Apabila pembuahan terjadi, akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji di pada bagian bekas pangkal bunga. biji-biji ini dapat ditanam. Setelah bunga masak, seluruh bagian generatif layu. Pada saat itu umbi mengempis dan dorman. Apabila mendapat cukup air, akan tumbuh tunas daun dan dimulailah fase vegetatif kembali.

Bunga bangkai sekarang telah tersebar di berbagai tempat di penjuru dunia. Orang-orang pun berbondong-bondong datang untuk melihat dan menikmati "harum" dari bunga bangkai yang terbilang langka ini.



*



Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.