Kadal Naga ( Draco Lizard )

Tuesday, August 9, 2011


Kadal Draco atau disebut juga kadal naga merupakan jenis hewan kadal yang mempunyai ciri unik yaitu kadal ini bisa melompat terbang. Kemampuan terbang ini sangat berguna untuk menghindari dari serangan predator lain yang ingin memangsanya.

Kadal naga ini banyak terdapat pada pohon-pohon hutan di Asia Tenggara. Kemampuan berlari sangat cepat dan lincah serta kulitnya yang beradaptasi dengan warna tanah menjadi sanjata ampuh bagi kadal Draco ini untuk mencari makan serta memikat pasangannya.

Kadal Draco memiliki satu set tulang rusuk yang bisa memanjang dan digunakan untuk memperluas dan menarik diri. Antara lipatan tulang rusuk, terdapat kulit datar yang bertindak sebagai sayap ketika dikibarkan. Ekornya yang ramping sebagai pengarah ketika terbang dengan bantuan angin sewaktu kulit sayap dikibarkan. Kadal Draco dapat terbang melompat sejauh 9 meter.

Pada umumnya kadal Draco ini memiliki panjang 20 cm yang diukur sampai ekor. Tubuh pipih dengan warna kulit coklat bintik-bintik sangat membantu pada saat penerbangan. Sisi bawah bagian sayap kadal Draco jantan berwarna biru, sedangkan pada Draco betina berwarna kuning. Hewan ini juga memiliki flap kulit dibawah leher mereka yang disebut dewlap. Dewlap jantan berwarn kuning cerah dan betina berwarna abuabu kebiruan.

Kadal Draco jantan sangat proaktif menggunakan kemampuan terbangnya. Mereka meluncur terbang untuk mengejar pesaing dari dua atau tiga pohon yang mereka klaim sebagai milik mereka.

Kadal Draco sangat jarang turun ketanah. Kadal Draco betina turun ketanah untuk bertelur saja. Pembuatan sarang menggunakan mulut lancip dengan cara menggali lubang kecil ditanah guna menempatkan telur-telurnya. Umumnya kadal Draco betina hanya bertelur sampai 5 butir saja, lubang telur ditutupi dengan daun dan betina menjaga sarangnya selama 24 jam sebelum kembali ke aas pohon dan meninggalkan telur di dalam sarang.

Makanan favorit kadal Draco adalah semut dan rayap yang terdapat pada pohon-pohon hutan. Habitat kadal naga ini bisa ditemukan di daerah berhutan padat di Filipina dan Borneo di timur, di seluruh Asia Tenggara dan di India Selatan.




Sumber Gambar : Premaphotos, Alamy



Artikel Terkait Lainnya:

2 comments:

Cerita dan Ilmu said...

Hewan ini dulu banyak di desa saya, tapi sekarang udah jarang. mungkin karena habitatnya udah mengecil, tergusur oleh rumah dan pertokoan yang banyak dibangun

Admin Cincinkawin said...

wow hewannya jd geli ngelhtnya


CINCIN PERNIKAHAN

CINCIN KAWIN

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.