Bunga Melati

Wednesday, June 22, 2011


Bunga Melati merupakan salah satu bunga tanaman hias yang berbatang tegak dan dapat hidup menahun. Melati memiliki wangi yang sangat harum. Melati putih biasanya digunakan sebagai pelambang kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di belahan dunia.

Di Indonesia bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan terutama suku Jawa dan Sunda.

Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.

Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Bunga melati bermanfaat sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang sangat populer di Indonesia.





Artikel Terkait Lainnya:

1 comments:

hiyosoka said...

beautiful flowers, i like it......


you can visit my blog again in link here, Ok my friend...
http://www.realitylapse.blogspot.com

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.