Jamur Matsutake

Wednesday, June 22, 2011


Jamur Matsutake atau biasa disebut jamur pinus adalah termasuk jamur langka yang berasal dari genus Tricholoma familia Tricholomataceae. Jamur ini belum dapat dibudidayakan karena tumbuhan ini hanya muncul pada musim gugur saja. Jamur Matsutake tumbuh liar di Cina, Jepang, Korea, Finlandia, dan tumbuh di permukaan tanah hutan pinus yang ditumbuhi pinus merah jepang, Tsuga diversifolia, pohon runjung Tsuga, dan Pinus pumila.

Jamur ini juga bisa ditemukan juga pada hutan yang ditumbuhi pinus hitam jepang. Dibeberapa tempat, jamur matsutake juga tumbuh pada masa musim hujan di Asia Timur. Pertumbuhannya sangatlah lambat dan suhu temperatur untuk pertumbuhannya sekitar 5-30℃, suhu ideal sekitar 22-25℃, pH tanah ideal 4,5-5,5.

Dinegara Jepang, jamur matsutake ini merupakan makanan yang sangat mewah dengan harga yang sangat mahal. Wangi harum jamur ini sangatlah kuat dan dapat dimakan setelah dipanggang sedikit diatas api. Untuk menjadi nasi matsutake (matsutake gohan) dapat ditanak bersama bersama beras dan bisa juga digunakan sebagai campuran dobinmushi (sup dalam teko).





Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.