Kaktus

Thursday, June 30, 2011


Kaktus merupakan salah satu dari tumbuhan yang bisa diketemukan pada daerah-daerah kering (gurun). Tumbuhan ini dapat bertahan hidup sangat lama tanpa membutuhkan air untuk dikonsumsinya. Kaktus memiliki daun yang berbentuk duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun seperti tumbuhan lainnya.

Agar dapat bertahan di daerah gurun yang gersang, tumbuhan kaktus memiliki metabolisme tertentu. Tumbuhan ini membuka stomata di malam hari ketika cuaca lebih dingin dibandingkan siang hari yang terik dan juga mengambil CO2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung pada siang hari. Batang tanaman kaktus mampu menampung volume air yang besar dan memiliki bentuk yang bervariasi.

Pada umumnya, tumbuhan kaktus ini hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis. Hanya seperempat dari keseluruhan total spesies kaktus yang hidup di daerah gurun dan sisanya hidup pada daerah semi-gurun, padang rumput kering, hutan meranggas, atau padang rumput.

Kaktus juga dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Pada jenis kaktus tertentu, batang muda bisa untuk digoreng, dikukus, atau diolah menjadi acar dalam cuka asam-manis. Bagian akar kaktus juga mengandung lignin yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan bahan bakar.







Artikel Terkait Lainnya:

1 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.