Kuda Nil

Sunday, June 26, 2011


Kuda Nil merupakan hewan darat terbesar setelah gajah dan badak putih. Hewan ini memiliki tubuh yang besar dan berat, serta kulit kelabu gelap. Empat kaki yang pendek dan gemuk, serta badan yang hampir tidak berambut dengan mulut dan gigi yang sangat besar bergunakan untuk mempertahankan diri dari serangan predator.

Kuda nil dewasa memiliki berat 1.5 sampai 3 ton. Meskipun bertubuh besar dan berkaki pendek, kuda nil mampu berlari dengan cepat. Untuk jarak pendek, mereka mampu berlari secepat 30 km/jam lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya. Kuda nil memiliki watak agresif dan dianggap salah satu hewan paling berbahaya di Afrika.

Hewan herbivora ini tinggal di dekat air tawar, seperti danau dan sungai. Keberadaan kuda nil sangat banyak dijumpai dibelahan benua Afrika dan yang terbanyak berada di Zambia dan Tanzania.

Di darat, kuda nil tidak berkelompok dan tidak memiliki wilayah teritorial. Sedangkan di air, kuda nil hidup secara berkelompok dan menguasai wilayah tertentu. Pada siang hari, kuda nil berada air atau di lumpur untuk tetap dingin. Pada petang dan malam hari, kuda nil keluar dari air dan memakan rumput.

Ancaman terbesar terhadap kuda nil adalah perburuan liar oleh manusia. Kuda nil diburu untuk diambil daging dan gigi taringnya (gading).







Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.