Peringatan Perubahan Iklim Sudah Ada Sejak 160 Tahun Lalu

Tuesday, June 28, 2011


Perubahan iklim sudah diprekdiksi sejak 160 tahun lalu oleh seorang anggota kongres Amerika Serikat George Perkins Marsh (1801-1882). Memperingatkan manusia akan terjadinya pemanasan global dan salah kelola sumber daya alam.

Dalam pidatonya Marsh menyampaikan gagasannya mengenai emisi karbon dioksida dari pembakaran batubara yang bisa memicu pemanasan global dalam 50 tahun kedepan. Gagasan tersebut tidak masuk akal pada masa itu, karena pemikiran Marsh tentang isu tersebut satu dekade lebih maju dibandingkan pemikir lain di masanya.

Marsh sudah mempelajari konsep yang sekarang kita kenal sebagai urban heat island effect dan greenhouse effect. Hal tersebut ditunjukkannya dalam kalimat, "Pengeringan rawa-rawa dan pembabatan hutan memengaruhi penguapan dari bumi dan membentuk kelembaban yang menggantung di udara. Kondisi ini mengubah kondisi listrik di atmosfer dan kemampuannya untuk memantulkan, menyerap dan memancarkan sinar matahari sehingga memengaruhi distribusi cahaya dan panas serta kekuatan dan arah angin".
George Perkins Marsh


Marsh juga memperingatkan untuk menggunakan sumber daya alam dengan lebih bijak. Ia yakin, semua konsumsi sumber daya alam harus mempertimbangkan dampak yang akan ditanggung generasi di masa mendatang. Dengan kata lain, Marsh telah meletakkan konsep dasar dari apa yang sekarang kita kenal sebagai sustainable development







Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.