Salju Juni di Puncak Mauna Kea Hawai

Thursday, June 9, 2011


Puncak Mauna Kea, salah satu pulau gunung api di rangkaian Hawaii diselimuti salju setebal 6 Inci. Sangat diluar kebiasaan salju menutupi puncak ini pada bulan juni. Salju pernah didapati juga di bulan Juli, Agustus, bahkan akhir Mei. Namun pada bulan Juni ini baru sekali terjadi setelah sekitar 30 tahun silam.

Salju ini terjadi karena pertemuan udara hangat dan udara dingin yang disebabkan oleh badai besar diatas puncak Mauna Kea. Menurut Steven Businger, kepala ahli meteorologi dari Storm Evolution and Energetics Research , University of Hawaii Manoa, badai itu berhubungan dengan turunnya udara dingin dari atmosfer atas. Sementara itu, dikatakan oleh Lyman, udara permukaan yang hangat naik dan bertemu dengan udara dingin di atmosfer atas. "Itulah yang menyebabkan badai dan salju," tegasnya.

Puncak Mauna Kea memiliki ketinggian lebih dari 4.200 Meter sehingga pada ketinggian ini temperatur dipuncak sangatlah dingin disepanjang tahun. Sepanjang April hingga November temperatur harian dipuncak Mauna Kea berkisan -17 derajat Celcius hingga 15 derajat Celcius.



Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.