Temperatur Global Semakin Memburuk

Wednesday, June 8, 2011


Peningkatan temperatur global nyaris mendekati 2 derajat Celsius. Diperkirakan, penambahan malah bisa menembus angka 2 derajat Celsius pada tahun 2020. International Energy Agency (IEA) mengungkapkan bahwa emisi karbondioksida yang disumbangkan pembangkit tenaga listrik dan sektor tranportasi mencapai 30,6 gigaton, lebih tinggi 1,6 gigaton dibandingkan total emisi karbon pada tahun 2009.

Angka tersebut mendekati prediksi total emisi 32 gigaton per tahun yang diprediksi IEA akan memicu peningkatan temperatur sebesar dua derajat Celsius sebelum tahun 2020. Prediksi IEA itu kemungkinan besar akan terbukti karena lebih dari 80 persen emisi yang akan dihasilkan pada tahun 2020 berasal dari pembangkit tenaga listrik yang sudah selesai atau sedang dalam proses pembangunan.

Pengendalian emisi merupakan kunci untuk mengurangi kerusakan yang akan timbul apabila temperatur naik di atas dua derajat Celsius. "Karena temperatur global yang meningkat lebih dari dua derajat Celsius akan menimbulkan dampak yang sulit ditangani, seperti peningkatan muka laut di negara berdataran rendah. Semakin jauh dari dua derajat Celsius, dampaknya semakin sulit diatasi.






Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.