Aceh

Tuesday, July 19, 2011


Nanggroe Aceh Darussalam sebelumnya dikenal dengan Daerah Istimewa Aceh (1959-2001) adalah salah satu Provinsi yang terletak paling barat Indonesia. Aceh terkenal dengan sumber daya alam yang sangat berlimpah diantaranya minyak bumi dan gas alam yang terletak di Aceh Utara dan Aceh Timur.

Ibu kota Aceh ialah Banda Aceh dengan Pelabuhan lautnya adalah Malahayati-Krueng Raya, Ulee Lheue, Sabang, Lhokseumawe dan Langsa. Mempunyai bandara udara yaitu bandara Iskandar Muda. Aceh juga terkenal dengan sumber hutannya, yang terletak di sepanjang jajaran Bukit Barisan, dari Kutacane, Aceh Tenggara, Seulawah, Aceh Besar, sampai Ulu Masen di Aceh Jaya. Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) juga terdapat di Aceh Tenggara.

Aceh pernah mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda Meukuta Perkasa Alam. Pada masa itu kekuasaan Aceh mencapai pesisir barat Minangkabau hingga Perak.

Rencong adalah senjata tradisional Aceh, bentuknya menyerupai huruf L, dan bila dilihat lebih dekat bentuknya merupakan kaligrafi tulisan bismillah. Selain rencong, Aceh juga memiliki beberapa senjata khas lainnya, seperti siwah, geuliwang dan peudeueng. Rumah tradisonal suku Aceh dinamakan Rumoh Aceh. Rumah adat ini bertipe rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan. Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang). Sedangkan 1 bagian tambahannya yaitu rumoh dapu (rumah dapur).

Provinsi Aceh memiliki kekayaan tari-tarian yang sangat banyak dan juga sangat mengagumkan. Beberapa tarian yang terkenal di tingkat nasional dan bahkan dunia merupakan tarian yang berasal dari tanah Aceh, seperti Tari Rateb Meuseukat dan Tari Saman. Aceh juga mempunyai aneka jenis makanan yang khas ntara lain timphan, gulai itik, kari kambing yang lezat, Gulai Pliek U dan meuseukat yang langka.

Bangsa Aceh merupakan bangsa yang gigih dalam mempertahankan kemerdekaannya. Kegigihan perang bangsa Aceh, dapat dilihat dan dibuktikan oleh sejumlah pahlawan (baik pria maupun wanita).



 



Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.