Buaya

Tuesday, July 12, 2011


Buaya merupakan reptil berbadan besar yang mendiami perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya. Buaya merupakan hewan purba, yang hanya sedikit berubah bentuk fisiknya karena evolusi semenjak zaman dinosaurus. Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti ikan, reptil dan mamalia.

Buaya dapat bergerak dengan sangat cepat pada jarak pendek, bahkan juga di luar air. Tubuhnya yang "streamline" memungkinkannya untuk berenang cepat. Buaya melipat kakinya ke belakang melekat pada tubuhnya, untuk mengurangi hambatan air dan memungkinkannya mempertinggi kecepatan pada saat berenang. Jari-jari kaki belakangnya berselaput renang, yang terkadang tidak digunakan sebagai pendorong ketika berenang cepat, selaput ini sangat berguna ketika ia harus mendadak berbalik atau melakukan gerakan tiba-tiba di air, atau untuk memulai berenang.

Buaya memiliki rahang yang sangat kuat, yang dapat menggigit dengan kekuatan luar biasa, menjadikannya sebagai hewan dengan kekuatan gigitan yang paling besar. Gigi-gigi buaya runcing dan tajam berguna untuk memegangi mangsanya. Otot-otot di sekitar rahangnya berkembang sedemikian baik sehingga dapat mengatup dengan amat kuat. Akan tetapi otot-otot yang berfungsi untuk membuka mulut buaya amat lemah.

Pada musim kawin dan bertelur buaya dapat menjadi sangat agresif dan mudah menyerang manusia atau hewan lain yang mendekat. Induk buaya betina umumnya menyimpan telur-telurnya dengan dibenamkan di bawah gundukan tanah atau pasir bercampur dengan serasah dedaunan. Induk tersebut kemudian menungguinya dari jarak sekitar 2 meter. Jenis kelamin buaya ditentukan oleh suhu pengeraman atau suhu sarang tempat telur ditetaskan. Pada buaya muara, suhu sekitar 31,6°C akan menghasilkan hewan jantan, sedikit lebih rendah atau lebih tinggi dari angka itu akan menghasilkan buaya betina. Masa pengeraman telur adalah sekitar 80 hari, tergantung pada suhu rata-rata sarang.

Ukuran tubuh buaya sangat bervariasi dari jenis ke jenis, mulai dari buaya kerdil hingga buaya muara raksasa. Spesies bertubuh besar dapat tumbuh lebih panjang dari 5 m dan memiliki berat melebihi 1.200 kg. Walaupun demikian, bayi-bayi buaya hanya berukuran sekitar 20 cm ketika menetas dari telur. Spesies buaya terbesar adalah buaya muara, yang hidup di wilayah Asia Tenggara hingga ke Australia utara.

Jenis Buaya

Buaya Amerika



Buaya moncong-ramping



Buaya Orinoco



Buaya air-tawar Australia



Buaya Filipina



Buaya Meksiko



Buaya Nil



Buaya Irian



Buaya India



Buaya muara



Buaya Kuba



Buaya Siam




Artikel Terkait Lainnya:

1 comments:

Agusductank said...

seram bangat.. gambar buaya.nya siapa yg foto ko' berani bangat.. hehe
salam kenal dari saya
sukses selaluiapa yg foto ko' berani bangat.. hehe
salam kenal dari saya
sukses selalu

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.