Bunga Kembang Sepatu

Saturday, July 16, 2011


Bunga kembang sepatu merupakan bunga nasional negara Malaysia yang di sahkan pada tanggal 28 Juli 1960. Bunga ini termasuk dalam suku malvaceae yakni tumbuhan dengan ciri khas bunga membentuk corong. Kelopak bunganya bersatu (tidak terpisah-pisah) mempunyai mahkota bunganya lima yang tersambung pada bagian pangkal hingga sampai masa gugur, benang sari banyak dan tersambung dengan putik.

Bunga matahari terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx) sehingga seakan terlihat seperti mempunyai dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih. Tangkai putik berbentuk tabung silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari.

Tumbuhan bunga ini dapat tumbuh mencapai ketinggian sekitar 2 sampai 5 meter. Didaerah tropis bunga kembang berbunga sepanjang tahun. Sedangkan pada daerah subtropis tumbuhan bunga kembang sepatu berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Kembang sepatu banyak dijadikan sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik. Bunga kembang sepatu juga bisa digunakan untuk menyemir sepatu. di India bunga ini dipakai sebagai bunga persembahan. Di Tiongkok, digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang telah dikeringkan juga dapat diminum sebagai teh.

Di Okinawa, Jepang kembang sepatu digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut Gush┼Źnu hana (bunga kehidupan sesudah mati) sehingga bunga kembang sepatu banyak ditmukan dan ditaman pada area pemakaman.





Artikel Terkait Lainnya:

2 comments:

Obat Sakit 2011 said...

bunga kembang sepatu sangat ndah gan
ciri khasnya mudah dikenali

Mixdanfive dancer said...

Bagus(y) tapi ciri khusus nya gak ada...:(

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.