Bunga Matahari

Monday, July 4, 2011


Bunga Matahari merupakan bunga nasional RRC dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Sebagai tanaman hias tanaman matahari juga sebagai penghasil minyak. Bunga matahari memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari.

Tumbuhan matahari dapat tubuh mencapai tinggi 3m sampai 5m tergantung varietasnya. Daun tunggal lebar, ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang. Bunganya tersusun majemuk dan pada bunga tabung bisa mencapai jumlah 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Saat hari cerah, tandan bunga mengikuti pergerakan matahari sehingga bunga ini disebut bunga matahari.

Bunga matahari tumbuh pada tanah yang subur dan hangat. Tumbuhan ini menyukai suasana yang cerah. Mengingat asalnya, tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik. Di daerah tropika hasilnya tinggi jika ditanam pada dataran tinggi. Di daerah beriklim sedang seperti Eropa tumbuhan ini hanya bisa ditanam pada musim semi hingga musim gugur.

Sebagai bahan pangan, minyak bunga matahari cocok dipakai untuk menggoreng, mengentalkan, serta campuran salad. Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat (C18:2), asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan manusia. Dengan kadar asam oleat yang lebih tinggi dan terdapat pula kultivar bunga matahari yang menghasilkan minyak dengan kualitas mengandung 80% hingga 90% asam oleat, sementara kultivar untuk pangan memiliki  25% asam oleat.







Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.