Bunga Putri Malu

Saturday, July 23, 2011


Bunga putri malu merupakan tumbuhan yang memiliki sifat unik. Keunikan tumbuhan ini terletak pada bagian daun bunganya yang akan menutup/layu bila terkena sentuhan. Kelakuan menutup/layu daunnya hanya bersifat sementara dan setelah beberapa menit daunnya kembali membuka seperti semula.

Tingkah kelayuan daun bunga putri malu berfungsi untuk mengecoh dan melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Pada saat tersentuh warna daun bagian bawah tanaman putri malu berwarna lebih pucat, sehingga hewan yang tadinya ingin memakan tumbuhan ini akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan menjadi tidak berminat lagi untuk memakannya.

Bunga putri malu sangat cepat bereaksi terhadap rangsangan yang didapatnya. Saat daunnya disentuh, ditiup, atau dipanaskan akan segera menutup. Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan tekanan pada tulang daun. Rangsangan tersebut merampat dan juga bisa dirasakan daun lain yang tidak ikut tersentuh. Gerak menutup diri ini disebut dengan nama seismonasti.

Tanaman bunga ini juga menguncup saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit untuk menerima fotosintesis.








Artikel Terkait Lainnya:

3 comments:

Rosi Atmaja said...

artikelnya menarik, sarat ilmu, cuman sayang loading halaman ini agal lambat mungkin terpengaruh jenis templatenya. salam.

putroe intan said...

trima kasih mbak untuk koreksi nya, sangat berguna masukannya untuk saya ^^

shaunpicken said...

follow ... interesting your article :)

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.