Definisi Lingkungan

Friday, July 15, 2011


Lingkungan adalah sebuah kombinasi kesatuan yang mencakup sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta makhluk hidup yang tumbuh di atas tanah dan di dalam lautan. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik.

Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme.

Lingkungan merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, serta perilakunya, yang bisa memengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Campur tangan manusia secara berlebihan terhadap lingkungan bisa mnyebabkan kesiimbangan alam menjadi tidak terjaga. Penebangan liar yang merusak hutan menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor. Perburuan liar terhadap flora dan fauna menyebabkan ekosistem menjadi berkurang dan langka bahkan dapat menyebabkan kepunahan.

Lingkungan menyediakan seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh manusia. Kesadaran akan lingkungan sangat dibutuhkan demi menjaga keseimbangan lingkungan agar lebih baik sehingga bencana akan alam yang diakibatkan lingkungan dapat terhindar dan ribuan nyawa terselamatkan.





 



Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.