Gurun

Monday, July 18, 2011


Gurun merupakan keadaan suatu daerah yang menerima curah hujan yang sangat sedikit yaitu kurang dari 250 mm per tahun. Sifat udaranya kering dan hanya tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan tertentu yang hidup. Hampir seperempat daratan permukaan bumi merupakan daerah gurun.


Temperatur panas gurun dapat melebihi 55 derajat Celcius pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah.

Gurun terjadi karena proses pelapukan bantuan oleh cuaca yang variasi temperatur antara siang dan malam sangat tajam. Batuan yang menjadi sangat panas pada siang hari kemudian menyusut dan pecah karena suhu yang sangat dingin pada malam hari. Proses pelapukan ini berlangsung ribuan tahun, bahkan ada yang telah berumur jutaan tahun seperti Gurun Sahara di Afrika Utara.

Terjadinya gurun pasir juga dapat disebabkan oleh penguapan air tanah yang berlebihan oleh pemanasan matahari tehadap permukaan tanah dan atmosfir. Pemanasan atmosfer dalam waktu yang lama akan memperkecil kemungkinan terjadinya hujan. Jika terus berlanjut tanah pun menjadi gersang dan kemudian terciptalah gurun pasir.

Gurun tertentu memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering. Keringnya wilayah gurun menjadikannya tempat yang ideal untuk pengawetan benda-benda peninggalan sejarah serta fosil. Hewan yang menghuni gurun adalah unta.







Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.