Kupu-kupu

Thursday, July 14, 2011


Kupu-kupu merupakan serangga yang memiliki sayap sisik. Kupu-kupu beraktifitas pada siang hari untuk mencari makan dan beristirahat dengan menegakkan sayapnya. Warna kupu-kupu sangatlah cemerlang dan indah sehingga banyak orang menyukai kupu-kupu karena warnanya.

Semua jenis kupu-kupu melalui tahap  hidup pertama sebagai telur, ulat, kepompong, dan akhirnya bermetamorfosa menjadi kupu-kupu. Makanan kupu-kupu pada umumnya adalah madu bunga (sari kembang). Tetapi ada juga kupu-kupu yang menyukai cairan yang dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah.

Keindahan kupu-kupu berasal dari makanan ulat sebelum menjadi kupu-kupu. Umumnya masing-masing jenis ulat memakan daun dari jenis-jenis tumbuhan tertentu saja. Sehingga keberadaan suatu jenis kupu-kupu pada suatu tempat, juga ditentukan oleh ketersediaan tumbuhan yang menjadi inang dari ulatnya.

Kupu-kupu juga dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga dan tumbuh-tumbuhan berkembang menjadi buah. Sehingga bagi petani dan orang pada umumnya keberadaan kupu-kupu sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman.








Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.