Pelangi

Saturday, July 23, 2011


Pelangi merupakan spektrum busur besar yang terjadi akibat pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, cahaya ini membias seperti ketika melalui sebuah prisma kaca. Cahaya yang keluar dari pembiasan tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang pengamat tersebut.

Jika ditinjau dari segi ilmiah, cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari yang kita lihat sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup menangkap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.







Artikel Terkait Lainnya:

2 comments:

Raksaka Nala said...

pelangi itu terjadi saat hujan...bukan setelah hujan.

putroe intan said...

terima kasih banyak sudah mengkoreksi artikel ini,, sangat membantu sekali :D

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.