Katak Bertanduk Amazon

Saturday, August 13, 2011


Katak bertanduk amazon berbeda dari katak yang lain selain mempunyai tanduk diatas kepalanya juga memiliki ukuran lebih besar dari ukuran katak pada umumnya. Ukurun katak ini bisa mencapai 20 cm. Mereka biasa ditemukan di rawa-rawa air tawar dan kolam di seluruh Amazon Basin, dari Kolombia ke Brasil.

Amfibi ini terkenal sangat rakus dan sangat agresif terhadap makanan buruan. Katak bertanduk amazon memilik serangan bagaikan seekor predator. Mereka menyembunyikan tubuhnya diantara semak-semak daun dalam lumpur hutan dan hanya kepala saja yang kelihatan untuk mengawasi mangsa. Ketika mangsanya mendekat, katak ini langsung menerkam dan menelan seluruh tubuh korban dan menguncinya dengan raham serta giginya yang tajam.

Katak bertanduk amazon sangat sering melakukan kesalahan terhadap mangsa, dimana mangsa tersebut terkadang lebih besar dari pada tubuhnya sendiri. Sering katak ini mati karena tidak sanggup untuk menelan makanannya. Karena dikenal katak yang sangat rakus dan bermulut besar, katak ini mendapat julukan sebagai "Pac Man frogs".

Katak bertanduk amazon  betina lebih besar dari pada katak bertanduk jantan. Hiasan warna katak jantan lebih banyak dari pada katak betina. Katak betina hanya memiliki warna coklat saja.

Tanduk diatas kepala katak ini berfungsi sebagai kamuflase yang menyerupai batang daun alam liar yang berguna pada saat melakukan penyergapan.




Foto by George Grall



Artikel Terkait Lainnya:

2 comments:

Cerita dan Ilmu said...

Bodo juga nih katak... ga ngukur-ngukur kemampuan makannya.. hmmmmm

putroe intan said...

benar mas, benar-benar rakus, lucu juga ya :D

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.