Keberadaan Kota

Friday, August 19, 2011


Kota didefinisikan suatu daerah atau tempat dimana menjadi pusat bagi pedagangan dan industrial. Kota-kota telah ada selama ribuan tahun yang lalu sampai sekarang ini.

Pada awalnya, kota merupakan sebuah permukiman yang sangat bergantung pada pertanian dan ternak. Tetapi karena pertumbuhan ekonomi dan juga menjadi pusat perdagangan bagi pemukiman lain, menjadikannya dalam ukuran mereka menjadi pusat bagi para pedagang dan juga industri.

Pertumbuhan kota juga dikenal sebagai urbanisasi, dipercepat dengan munculnya industrialisasi sekitar 200 tahun yang lalu. Pada saat itu, banyak orang pindah ke kota untuk mencari pekerjaan, terutama di pabrik-pabrik.

Kota membuat akal manusia menjadi sibuk. Orang-orang didalamnya terkonsentrasi seperti dalam ruangan kecil yang memiliki masa padat. Hal ini memungkinkan bahkan memaksa pemerintah untuk memberikan layanan yang lebih seperti air, listrik, dan transportasi ke sejumlah besar orang.

Kota selalu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi. Janji pekerjaan dan kemakmuran menarik orang-orang desa untuk menuju ke kota. Namun pertumbuhan yang cepat dapat membawa hal negatif, diantaranya kekerasan, kemiskinan, kepadatan penduduk, masalah kesehatan, dan polusi.

Ekspansi perkotaan juga menjarah habitat satwa liar di mana-mana. Semakin orang tinggal dan bekerja di dekat binatang liar asli yang telah lama menghuni daerah tersebut, semakin rentan punahnya habitat itu.

Binatang seperti tikus dan kecoak juga merpati dan tupai yang bisa mengambil keuntungan dengan cara hidup beradaptasi dengan kehidupan kota, mengambil keuntungan dari makanan berlimpah dan juga suhu hangat yang mengelubungi kota.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan sebuah kota sangatlah penting dan sangat berarti demi kemajuan pertumbuhan ekonomi. Sebuah alasan yang sangat pahit untuk habitat lingkungan.







Artikel Terkait Lainnya:

2 comments:

lina@home sweet home said...

Seperti dilema ya?

No Name said...

kunjungan balik ya....
http://gratisan-barang.blogspot.com/

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.