Tawon Monster Misteri Sulawesi

Sunday, August 28, 2011


Sungguh melimpah dan beragam khayati alam Sulawesi. Sesudah penemuan katak bertaring oleh Evans dan timnya, kini ditemukan lagi spesies baru dari dalam hutan Sulawesi ini.

Lim Kimsey ahli serangga dari University of California menemukan spesies baru tawon dalam ekspedisi ke Sulawesi. Tawon ini ditemukan di pegunungan Mekongga. Menurut Kim, kawasan Mekongga dan Sulawesi pada umumnya memiliki keanekaragaman yang besar. Selama tiga kali perjalanannya ke Sulawesi, ratusan spesies mungkin bisa dikatalogkan.

Tawon yang ditemukan oleh Kim dan timnya tersebut dijuluki tawon monster sebab penampakannya yang menakutkan dan berbeda dari tawon pada umumnya. Tawon ini memiliki mandibula menyerupai ninja dan rahang yang lebih panjang dari kaki depannya.

"Rahang hewan ini begitu besar sehingga menutup bagian samping kepala. Jika rahang terbuka, akan tampak lebih panjang dari kaki depan tawon jantan ini," ungkap ahli serangga Lim Kimsey.

Kimsey yang juga merupakan kepala Bohart Museum of Entomology mengatakan bahwa ia berencana memberi nama tawon tersebut "garuda", sesuai lambang Indonesia. Kim juga menyebutkan bahwa tawon ini cenderung memilih untuk memakan serangga lain. Namun, jika terancam, tawon ini juga bisa menyerang manusia.

Di Sulawesi, banyak ditemukan spesies langka dan belum pernah dilihat di belahan dunia lain. Ia berharap penemuan spesies tawon ini bisa menggugah kesadaran warga masyarakat terhadap perlunya melestarikan biodiversitas pada kawasan itu.




Sumber: http://sains.kompas.com
Foto: Chris Murphy



Artikel Terkait Lainnya:

4 comments:

obat sakit 2011 said...

ngeri sekali ada monsternya hiii

Muhammad-Dadan said...

Jangan-jangan madunya super nih. :)

lina @women's perspectives said...

Temuan yang menarik!
Asal jangan dekat saya deh, pasti saya kabur :)

pondokinfo said...

Wah kayak di film-film ternyata ada juga ya tawon monster sebenarnya

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.