Tower Pendeteksi Cuaca Dibangun di Jambi

Saturday, August 6, 2011


BMKG Jambi akan segera membangun menara yang dapat digunakan sebagai detektor cuaca ekstrem guna dapat mengantisipasi bencana cuaca secepat mungkin.

Kepala BMKG Jambi Remus L. Tobing, di Jambi Jumat ini (5/8) mengatakan, "Saat ini cuaca ekstrem sulit diprediksi, di tengah kemarau bisa tiba-tiba timbul awan gelap disertai hujan deras dan angin kencang atau badai".

Rancangan pembangunan menara dan alat pendeteksi dengan ketinggian 22 meter yang memakan biaya miliaran rupiah ini sudah mulai dikerjakan. Menara dan alat deteksi cuaca ekstrem itu targetnya akan beroperasi pada 2012, ditempatkan di kawasan Bandar Udara Sultan Taha Jambi. Keberadaan menara dan alat deteksi cuaca ekstrem amat diperlukan karena kondisi cuaca yang pancaroba berkepanjangan saat ini, ungkap Remus.

Radius jangkauan alat pendeteksi mencapai 200 km, meliputi seluruh Provinsi Jambi khususnya Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, serta Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Alat ini diperkirakan mampu mendeteksi tiga jam sebelum kejadian, sehingga segera dapat dilaporkan pada instansi terkait serta masyarakat, untuk meminimalisir tingkat kerugian atau menghindari korban jiwa.






Artikel Terkait Lainnya:

5 comments:

Sadeva Aldy Pratama said...

info menarik, cuma gambarnya aja yg kurang jelas, hehe

intan said...

masih dalam tahap perancangan mas.. kita do'akan saja cepat berfungsi ^^

Sadeva Aldy Pratama said...

amin, semoga alatnya dan blog ini berfungsi :D

membalas komentar Anda di http://alprablog.blogspot.com/2011/08/biodata-cherry-belle-lengkap.html

intan said...

amin.. makasih banyak do'anya mas,, sukses slalu untuk mas :)

Firman said...

pengen liat towernya kaya gimana deh, cuma katanya udh ada yaa alat pendeteksi badai juga yg lebih akurat dan gmpang di gunain personal

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.