Tumbuhan Lumut

Thursday, August 4, 2011


Tumbuhan lumut merupakan jenis tumbuhan yang pada umumnya memiliki tempat hidup di daerah lembab dan basah. Beberapa jenis lumut juga dapat ditemukan pada daerah kondisi yang sangat kering dan dapat pula bertahan hidup di daerah beku seperti di pegunungan Alpen. Pada lumut tertentu seperti lumut gambut dapat hidup di dalam air.

Lumut tersebar pada tempat lembab dan basah di daerah tropik sampai daerah tundra di sekitar kutub utara, dari daratan rendah sampai daerah yang cukup tinggi dari permukaan laut, kulit pohon, dan ada pula yang hidup di telaga.

Berdasarkan struktur tubuhnya, sebagian ahli menganggap tubuh lumut masih berupa talus (antara akar, batang. dan daun belum dapat dibedakan dengan jelas), tetapi sebagian ahli lain beranggapan bawa tubuh lumut berupa kormus (antara akar, batang. dan daun sudah dapat dibedakan dengan jelas). Para ahli kemudian mengambil kesimpulan bahwa lumut merupakan tumbuhan peralihan antara tumbuhan talus dan kormus.

Untuk dapat tumbuh menyesuaikan diri dengan kondisi kehidupan darat, lumut memiliki permukaan tubuh yang diselubungi lapisan kutikula sehingga dapat mengurangi penguapan air yang berlebihan. Selain itu, gamet (sel kelamin) tumbuhan berkembang dalam organ pembentuk sel kelamin (gametangia) sehingga zigot sebagai hasil fertilisasinya dapat tumbuh dan berkembang di tempat aman pada organ yang menyerupai jaket pelindung.


Baca juga Karakteristik Lumut



Artikel Terkait Lainnya:

3 comments:

Paskey said...

Thanks infonya sob

Tutorial Blog said...

Lumutnya tampakk Indah ya

Obat Sakit 2011 said...

tumbuhan lumut ini sudah sangat lama sekali ada di bumi ini gan
selamat berbuka puasa gan

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.