Burung Puffinus Bryani Temuan Baru

Thursday, September 1, 2011

Puffinus bryani

Spesis burung yang telah lama hilang kini ditemukan kembali di Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam hampir 30 tahun terakir ini. Para ilmuwan di Washington, DC, mengidentifikasi burung laut kecil yang diberi julukan Bryan Shearwater (Puffinus bryani) merupakan spesimen tunggal dari Atol Midway 1963 di Kepulauan Hawaii Northwestern.

Bagi sebagian peneliti burung ini di anggap sebagai spesies baru, namun butuh analisa DNA baru untuk menganalisa dan membenarkan fakta tersebut.

Dari sekitar 21 spesies Shearwater, burung yang ditemukan ini sedikit berbeda dari Puffinus Bryani yaitu dari bentuknya yang lebih kecil, dan bulunya lebih hitam. Ungkap Rob Fleischer, Kepala Pusat Smithsonian Conservation Biology Institute dari Konservasi dan Genetika Evolusi di Washington, DC.

Jika dilihat sekilas dan mata orang awam, burung ini terlihat semua sama, tapi untuk para ahli yang telah terlatih, perbedaan burung ini sangatlah mencolok.

Pulau Atol Midway dan pulau-pulau di dekatnya telah di survei untuk keberadaan burung laut, sehingga tidak mungkin bahwa burung-burng yang disana akan pergi tanpa pengetahuan para peneliti. Namun dengan penemuan spesies burung baru ini, disimpulkan bahwa burung ini sangat langka atau bahkan sudah punah atau juga bisa jadi temuan spesies burung baru.

"burung laut memiliki kebiasaan bersembunyi. Mereka berumur panjang, sehingga mereka dapat keluar di laut untuk waktu yang lama," kata Fleischer untuk menepis dugaan bahwa burung Puffinus bryani adalah spesies burung baru sebelum ada fakta yang jelas.

Fleischer dan rekan timnya menerka , P. bryani jika masih ada, kemungkinan berkembang biak di Jepang atau di tempat lain di Pasifik.

"Selalu menyenangkan untuk menambahkan spesies baru dan menempatkan kedalam daftar," kata Fleischer.



Sumber: http://bit.ly/n3GHtT



Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.