Wow, Anggrek mekar pada malam hari

Thursday, November 24, 2011


Angrek yang mekar saat matahari bersinar itu biasa, namun bagaimana jika ada anggrek yang mekar pada malam hari. Peneliti-peneliti asal Belanda yang diketuai oleh Ed de Vogel menemukan anggrek pertama yang mekar di malam hari di pulau New Britain, dekat Papua New Guinea. Spesies anggrek tersebut, yang kemudian diberi nama Bulbophyllum nocturnum, secara konsisten berkembang setelah gelap dan menguncup di pagi hari. Meski begitu, bunga dari anggrek tersebut hanya bertahan satu malam saja.

Kemampuan mekar di malam hari memang bukanlah hal yang aneh pada beberapa spesies tanaman. Kaktus “queen of the night”, pohon “the midnight horror”, dan sebuah spesies melati telah diketahui mekar di malam hari. Namun dari sekitar 25.000 spesies anggrek, tak satupun tercatat ada yang mekar setelah matahari terbenam.

Dari pemantauan de Vogel, Bulbophyllum nocturnum berkembang setiap pukul 10 malam dan kembali menguncup keesokan paginya sekitar pukul 10, beberapa jam setelah matahari terbit.

Dibantu oleh Andre Schuiteman, peneliti spesialis anggrek dari Royal Botanic Gardens, Inggris, de Vogel melanjutkan penelitian. Dalam laporan yang mereka publikasikan di Botanical Journal of the Linnean Society, keduanya memprediksi spesies anggrek ini berkembang di malam hari karena penyerbukan oleh serangga yang juga beraktivitas di malam hari. Kemungkinan besar serangga kecil semacam nyamuk.

“Ini merupakan pengingat bagi kita bahwa temuan mengejutkan masih tetap bisa terjadi. Akan tetapi untuk menemukan spesies semacam ini, kita berpacu melawan waktu karena spesies seperti ini hanya akan ada di hutan di kawasan tropis,” kata Schuiteman.

“Seperti kita ketahui, hutan seperti itu lenyap dengan kecepatan tinggi. Itulah mengapa sangat penting melakukan penelitian lapangan demi mendapatkan penemuan seperti ini,” ucapnya lagi.



Sumber: nationalgeographic.co.id



Artikel Terkait Lainnya:

5 comments:

Alprablog™ said...

baru liad yg kyk gini saya

Asis Sugianto said...

wah Anggreknya keren, kok bisa mekar dimalam hari yach...

souvenir tasbih cantik said...

Sayang kalo ternyata, tanaman ini terdpat di hutan indonesia, dan para peneliti kita tdak meng exposenya. kita hanya penonton ketika plasma nutfah kita diklaim orang lain...
saya yakin anggrek macam ini ada di hutan kita.

admin said...

sobat@asis: isunya masih dalam penelitian sob, pigmen apa yang terdapat pada anggrek tersebut sehingga mekar hanya pada malam hari ..

sobat@STC: semoga saja ada sob, tanah indonesia sangat terkenal dengan tubuhan spesies uniknya, tapi sayang pemerintahan kita tidak merespon karena tidak bisa di jadikan uang :P

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.