Kodok Pelangi Borneo 87 Tahun Menghilang

Monday, December 12, 2011


Kodok pelangi Borneo yang tidak pernah dijumpai lagi sejak 87 tahun yang lalu, kini menampakkan dirinya kembali. Penemuan ini di ungkapkan oleh para ilmuan yang menyisir pegunungan Bornoe dan berhasil mengambil gambar dari kodok pelangi tersebut.

Kodok pelangi borneo (Ansonia latidisca) terakhir kali terlihat oleh para penjelajah pada tahun 1924. Kodok tersebut sempat dianggap sudah punah karena sangat lama hilang dan tidak pernah dijumpai lagi.

Profesor Indraneil Das, asal Sarawak Malaysia University yang memimpin ekspedisi telah melakukan pencarian sejak bulan Agustus lalu namun tidak berhasil menemukan kodok tersebut. Akhirnya penjelajahan difokuskan ke kawasan pengunungan Penrissen yang sangat jarang dieksporasi selama seabad terakhir oleh para penjelajah. Sangat tidak disangka bahwa mereka menemukan tiga ekor kodok pelangi Borneo. Kodok-kodok tersebut terdiri dari kodok jantan, betina, dan seekor anak kodok yang hidup di tiga pohon berbeda.

"Sangat menyenangkan mengetahui bahwa alam bisa memberikan kejutan ketika kita sudah hampir menyerah, apalagi di saat krisis kepunahan terus meluas di planet kita," kata Robon Moore, peneliti spesialis amfibi dari Conservation International saat mengumumkan temuan tersebut.

Das dan timnya menolak mengungkapkan letak posisi persis tempat ditemukan kodok tersebut. Hal ini dilakukannya untuk melindungi kodok tersebut dari penangkapan liar karena tingginya permintaan pasar atas kodok pelangi ini. Walaupun demikian para peneliti akan terus mencari tahu seputar populasi kodok tersebut guna memperhitungkan seberapa besar kodok pelangi Borneo yang masih bertahan.



Sumber: nationalgeographic.co.id



Artikel Terkait Lainnya:

16 comments:

bunggsu said...

wach,kodok nya indah sekali ya,alangkah baiknya jika kodok borneo pelangi di lindungi agar tidak musnah,dan terus berkembak biak,

choirunnangim said...

subhanalloh indah dan cantik banget itu FROG mba Putt..

indonesia masih berpontensi memiliki ragam kekayaan hayati..

Semoga mengangkat nama tempat itu dan menjadi sumber pariwisata baru..

V-MediaKom said...

Kodoknya kren dah..hehe
Lama sekali baru terlihat lagi, kemana aja tu kodok...=))

V-MediaKom said...

Kodoknya kren dah..hehe
Lama sekali baru terlihat lagi, kemana aja tu kodok...=))

Herry said...

pengen nambah +1 tapi gak support lewat hp..kapan2 deh klo lg ke warnet..hehe
Keren warna kodoknya tuh, dah langka banget ya..

Obat Sakit 2011 said...

Indah sekali kodoknya itu gan
harus tetap dijaga jangan ampe ilang lagi

Persadablog said...

saya geli dengan kodok :P

joe Rizky said...

wah sepertinya dulu tinggal 2, makanya nggak dijumpai, sekarang udah berkembangbiak dan banyk lagi dihutan

Obat Sakit 2011 said...

semoga kodoknya masih banyak yang ada di alam bebas gan

Hot Gosip said...

visiting replay and give u my honest full support :) full support me back :)

Alprablog™ said...

seharusnya dilindungi hewan ini...

obat kanker darah tradisional said...

menakjubkan ya, ternyata banyak spesies2 yang di anggap punah tetapi masih ada pada era sekarang.
semoga kodok pelangi itu tetap terjaga kelestariannya..
Indonesia memang sangat beraneka ragam sekali... :)

Michaell Andre Steven said...

berkunjung sobat...
visit here ya
kunjungan balasan sobat ke sini ya
http://michaellandresteven96.blogspot.com

obat keputihan tradisional said...

belum ada postingan terbarunya ya?!
di tunggu ya gan..?

Asis Sugianto said...

wah kodoknya indah sekali, persis seperti pelangi...

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.