Hujan Meteor Pembuka Tahun 2012

Tuesday, January 3, 2012


Di bulan pembuka 2012 bumi mendapatkan hadiah fenomena alam yakni hujan meteor Quads. Hal ini terjadi sejak mulai tanggal 1-5 Januari 2012 dan diprediksi mencapai puncaknya pada hari Rabu (4/1/12) pukul 01.00-05.00 dini hari WIB.

Fenomena alam ini dapat disaksikan oleh seluruh wilayah indonesia dengan mengamati arah timur hingga timur laut. peneliti utama Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Jamaludin, pada National Geographic, menyebutkan "Ini merupakan hujan meteor tahunan yang terjadi karena debu komet. Namun, belum diketahui secara spesifik komet apa yang menyebabkannya".

"Ini termasuk hujan meteor yang kuat dengan satu hingga dua meteor per menitnya", tambah Thomas.

Menurut meteorologist Weather Channel, Mark Ressle, hujan meteor Quads hanya akan sulit terllihat di wilayah barat laut dan pasifik. Sedangkan menurut Bill Cooke sebagai Direktur NASA Meteoroid Environment Office, hujan meteor Quads merupakan fenomena alam yang berumur pendek.

"Mereka merupakan salah satu hujan meteor teraktif tiap tahunnya, tapi tidak bisa dilihat oleh banyak orang karena muncul di dini hari saat musim dingin, Cuaca akan sangat dingin di pagi seperti itu, jadi orang enggan keluar dari dalam rumahnya." ungkap Cooke dalam USA Today.

Thomas menegaskan bahwa ada tiga syarat yang harus diperhatikan jika ingin melakukan pengamatan. Pertama, cuaca harus cerah. Kedua, pengamatan harus jauh dari wilayah yang jauh dari polusi cahaya. Dan ketiga, medan pandang tidak terhalang. Pengamatan seperti di musim hujan seperti ini masih mungkin, jika ada celah pada awan

Selain bisa diamati di belahan bumi bagian timur, hujan meteor Quads juga bisa dilihat di belahan bumi bagian barat. Masyarakat yang berada di wilayah Amerika Utara bisa melihat hujan meteor ini yang diperkirakan mencapai 100 meteor per menitnya.




Sumber: nationalgeographic.co.id



Artikel Terkait Lainnya:

7 comments:

Unknown said...

koq ane ga keliatan ya sob, yang keliatan cuma ledakan kembang api :)

Saleho said...

Pertanda langit menjerit ini gan kemungkinan.
Penyebabnya bisa jadi karena ulah manusia di bumi

intan said...

@jurnal Rachmat: pasti ledakan kembang api malam tahun baru,, hihihihihi

@obat sakit 2011: kok gak nyambung ya gan ^^;

Unknown said...

aku sempat simpat lihat..nyesal deh.. :)

friez said...

wah,, telat baca artikelnya,, udh gk bisa liat deh,, :(

choirunnangim said...

sama dengan mas friez.. aku telat baca artikel ini...
Telat dehh..
Apapun fenomena itu semoga bertanda baik bagi bumi..

Kimchi said...

dinggin nya berasa tapi gk liat meteornya ...

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.