Apa itu Tsunami

Sunday, June 19, 2011



Tsunami asal kata dari Tsu=Pelabuhan dan Nami=Gelombang. Kalau diartikan secara harafiah dapat diartika menjadi gelombang besar. Tsunami berasal dari bahasa jepang yang sangat populer dan terkenal dunia semenjak gempa besar 15 Juni 1896, yang menimbulkan tsunami besar melanda kota pelabuhan Sanriku (JEPANG) dan menewaskan 22.000 orang serta merusak pantai timur Honshu sepanjang 280 km.

Stunami dapat disebabkan oleh gempabumi, tanah longsor atau letusan gunung berapi yang terjadi di laut. Gelombang tsunami bergerak dengan kecepatan ratusan kilometer per jam pada lautan dalam dan dapat melanda daratan dengan ketinggian gelombang mencapai 30m atau lebih.

Ada 3 (tiga) kejadian di laut yang mengakibatkan timbulnya tsunami yaitu :

1. Gempa bumi
Gempa bumi yang dapat menyebabkan tsunami adalah gempa tektonik yang terjadi di dasar laut. Gelombang yang disebabkan oleh gempa tektonik dasar laut ini sangatlah besar, tergantung dari kekuatan gempa dan besarnya area patahan yang terjadi.
Berikut karakteristiknya:
1 Sumber gempa bumi berada di laut
2 Kedalaman gempa bumi dangkal, yakni kurang dari 60 km
3 Kekuatannya cukup besar, yakni di atas 6,0 SR
4 Tipe patahannya turun (normal fault) atau patahan naik (thrush fault)

2. Tanah Longsong (Land Slide)
Tanah longsor dapat diartikan turun/tajuhnya tanah dengan volume besar di dasar laut. Biasanya tsunami yang terjadi tidak terlalu besar, jika dibandingkan dengan tsunami akaibat gempabumi.

3. Gunung Berapi
Gunung berapi aktif yang berada ditengah laut jika meletus dapat menimbulkan tsunami. Tergantung dari besar kecilnya letusan gunung api tersebut. Longsor pada dasar laut biasanya terjadi karena meletusnya gunung api yang berada didasar lautan tersebut. Bila terjadi letusan yang sangat besar dan membuat longsor yang sangat besar pula, maka akan memungkinkan untuk terjadinya mega tsunami.

Tanda-tanda akan datangnya tsunami di daerah pinggir pantai adalah :

1. Air laut yang surut secara tiba-tiba.

2. Bau asin yang sangat menyengat.

3. Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras.





Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.