Tenggaring Hayati Kalimantan Tengah

Friday, June 17, 2011


Tenggaring atau kapulasan merupakan tumbuhan khas dari Kalimantan Tengah. Tumbuhan ini sangat mirip dengan rambutan karena masih termasuk dalam kerabat rambuatan yang banyak tumbuh di hutan Kalimantan Tengah.

Tinggi pohon ini bisa mencapai ketinggian hingga 20 m. Bentuk batang, dahan, cabang, dan daun tenggaring hampir sama dengan daun rambutan, hanya saja daun tenggaring berukuran lebih kecil dari pada daun rambutan. Tenggaring atau biasa disebut kapulasan oleh orang sunda memiliki buah yang tebal, bulunnya keras, tegak, pendek dan tumpul. Daging buahnya agak sulit lepas dari bijinya.

Biji tenggaring mengandung minyak nabati lebih banyak dari pada biji rambutan. Oleh sebab itu biji tenggaring dapat diproses untuk menghasilkan minyak yang dapat digunakan dalam proses pembuatan lilin dan sabun.

Tenggaring tumbuh didaerah subur dan berlembab pada daerah ketinggian antara 100-500 dpl. Tumbuhan khas Kalimantan Tengah ini tumbuh tersebar di berbagai wilayah di Indonesia mulai Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Sulawesi. Selain di Indonesia pohon kapulasan juga dapat dijumpai di Malaysia, Thailand, dan Filipina.




Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.