Rebung

Wednesday, June 15, 2011


Rebung merupakan tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur.

Rebung tumbuh dibagian pangkal rumpun bambu dan biasanya dipenuhi oleh rambut bambu. Ciri-ciri rebung adalah berbentuk kerucut, setiap ujung glugut (rambut bambu) memiliki bagian seperti ujung daun bambu, tetapi warnanya cokelat.

Senyawa utama didalam rebung mentah adalah air, yaitu sekitar 91 persen. Disamping itu, rebung mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Mengkonsumsi rebung secara teratur diyakini dapat menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker.

Dengan kemajuan teknologi, rebung telah dapat diolah menjadi tepung rebung yang memiliki kadar pati tinggi. Tepung jenis ini baik untuk dibuat bahan kue. Rebung juga dapat diolah menjadi cuka, yang sangat baik untuk digunakan sebagai cuka makan.






Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.