Si Leher Panjang

Thursday, June 16, 2011



Jerapah merupakan hewan tertinggi yang mengguni bumi saat ini. Tinggi jerapah dewasa bisa mencapai 5,5 meter dengan bobot berat 1.360 kg dan memiliki panjang lidah lebih kurang sekitar 53 cm. Hewan ini mampu berlari sekitar 55 km/jam apabila mendapat ancaman dari musuhnya.

Dengan tingginya ini jerapah bisa melihat seluruh kawasan dan memantau seluruh kawanan kelompoknya. Lehernya yang panjang berfungsi untuk mengambil makanan dedaunan pada tempat tinggi dan juga sebagai senjata mempertahankan diri.

Jerapah hidup di kawasan Afrika dan mereka tidak suka hidup di hutan yang lebat karena bisa menyulitkan untuk melihat pemangsa. Jerapah hidup bersama-sama dalam satu kawanan atau kelompok.

Jerapah mengkonsumsi daun yang mengandung kadar air agar tidak harus minum dalam jangka waktu lama setelah mereka minum. Jerapah sekali minum bisa mengahabiskan 40 liter air. Saat minum inilah pertahanan diri jerapah lemah karena lehernya lebih rendah sehingga pemangsa lebih mudah menyerang.

Jerapah betina melahirkan anaknya setelah hamil sekitar 15 bulan. Anak jerapah lahir dengan berat 68 kg dan tinggi 1,8 meter. Beberapa jam setelah dilahirkan, anak jerapah ini sudah bisa berjalan. Dalam minggu-mingu pertama pertumbuhan anak jerapah bisa tumbuh satu centimeter perhari. Anak jerapah sangat rentan terhadap pemangsa, hanya sektar 25 -50 % anak jerapah yang bisa tumbuh sampai dewasa. Jerapah bisa hidup sampai 25 tahun di alam liar.






Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.