Benalu

Sunday, July 31, 2011


Benalu merupakan jenis tumbuhan parasit yang hidupnya tidak memerlukan media tanah dan menempel pada dahan-dahan pohon kayu lain. Tumbuhan benalu mendapatkan makanan dengan cara mengisap mineral pohon inang yang menjadi sumber makanannya hingga tumbuhan inang layu dan mati.

Nama latin dari tumbuhan benalu adalah Loranthus, tumbuhan benalu banyak dijumpai dihutan-hutan tropis, ciri khas dari benalu adalah dapat menghasilkan getah yang lengket. Perkembangbiakan tumbuhan benalu dibantu oleh serangga atau hewan yang memakan buah tumbuhan benalu. Saat biji dari buahnya jatuh pada pohon/tumbuhan yang tepat melalui media kotoran, maka benalu baru pun akan tumbuh pada batang pohon tersebut.

Pada tumbuhan benalu tertentu, yaitu benalu teh memiliki khasiat untuk mengobati jenis penyakit diantaranya mengobati tumor ganas, darah tinggi, jantung, liver, serta baik untuk menjaga stamina tubuh. Untuk mendapatkan benalu teh, biasanya tinggal menempelkan bibit atau akar benalu ke batang pohon teh.

Benalu yang menempel pada jeruk nipis, termasuk jenis Citrus aurantifolia, dapat digunakan sebagai ramuan untuk obat amandel dan campak.

Untuk obat kanker dan tumor, minumlah satu hari sekali setengah gelas ramuan satu atau dua batang benalu teh yang dicampurkan dengan satu batang alang-alang, serta adas palawara secukupnya. Setelah semua bahan direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih, kemudian disaring.

Pada intinya, segala sesuatu yang di ciptakan oleh Allah SWT adalah bermanfaat. Tinggal kita manusia memanfaatkannya dengan benar dan terkelola.







Artikel Terkait Lainnya:

5 comments:

Obat Sakit 2011 said...

benalu ini sangat menguras makanan pohon manggaku gan saat ini

aku hanya ingin mengucapkan Marhaban ya Ramadhan gan
maaf bila selama ini ada kekeliruan atau kurang berkenan diriku ini dalam berkomentar gan ya

putroe intan said...

marhaban ya ramadhan..semoga ibadah puasa kali ini menjadikan kita kembali fitrah ^^

trima kasih untuk segala suportnya gan :)

Tip Trik Facebook said...

Salam Ppersahabatan
Selamat Menikmati Santap Sahur N Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

My Blog Blogspot said...

Mmarhaban Ya Ramadhan

Obat Sakit 2011 said...

tanaman benalu ini meski terkadang membuat pemilik pohon bagus sedih, tapi dibalik itu semua ada keindahan tersendiri mengenai indahnya tanaman benalu gan

selamat menjalankan ibadah puasa

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.