Kuda Laut

Saturday, July 30, 2011


Kuda laut merupakan jenis ikan yang hidup di laut berasal dari genus Hippocampus dan family Syngnathidae. Kuda laut bernafas menggunakan insang sama seperti ikan lainnya. Ukuran hewan ikan ini bervariasi antara 16 mm sampai 35 cm. Kuda laut banyak ditemui di perairan berkedalaman sedang hingga dangkal.

Ciri-ciri yang dapat ditemui pada kuda laut adalah sirip dorsal pada kuda laut terletak pada bagian bawah, sedangkan sirip pektoralnya terletak pada bagian kepala di dekat insang. Mata kuda laut bisa melihat dua buah benda di sisi yang berbeda secara bersamaan karena sistem saraf matanya terpisah. Mata hewan ini juga dapat berputar sehingga dapat memonitor lingkungan tanpa harus menoleh.

Kuda laut mempunyai keunikan dan keistimewaan dari spesis lainnya, yaitu dimana kuda laut jantan dapat hamil.

Kuda laut memiliki keanekaragaman warna seperti hijau, kuning, hitam. Warna tersebut dipengaruhi oleh gen dan juga intensitas matahari yang masuk ke dalam air. Kuda laut yang tinggal diperairan dangkal cenderung berwarna terang begitu juga sebaliknya kuda laut yang tinggal diperairan dalam cenderung berwarna gelap. Ada juga yang berwarna transparan sebagian, sehingga tidak mudah terlihat.

Walaupun kuda laut jantan dapat hamil dan menghasilkan telur, telur yang dihasilkan betina etap ditampung dan disimpan dalam perut jantan. Penyimpanan telur dilakukan di kantung yang berisi banyak sel-sel halus pembuluh darah. Dalam kantong terset, telur akan mendapatkan pasokan makanan yang cukup. Proses penyimpanan juga berfungsi sebagai pembuahan.

Telur Kuda laut akan berada dalam perut jantan hingga 6 minggu sebelum menetas. Seteleh menetas ratusan bayi kuda laut siap dikeluarkan dan proses melahirkan ini hanya memakan waktu kurang dari 30 menit. Walaupun baru saja lahir, bayi kuda laut sudah memiliki bentuk sempurna dan mirip dengan induknya. Bayi kuda laut langsung hidup mandiri karena mampu mencari makanan sesaat setelah dilahirkan. Akan tetapi tetap berada dalam pengawasan dari induknya. Kuda laut juga dikenal sebagi hewan yang monogamy karena kesetiaan terhadap satu pasangan saja.





Artikel Terkait Lainnya:

3 comments:

Kepri Online said...

Wah..ternyata kuda laut jantan bisa hamil ya, sob..Pengetahuan baru nih buat saya..

Info yang bermanfaat sob..trims.

cerita dan ilmu said...

Adanya kuda laut juga bisa sebagai indikator terdapatnya kandungan minyak bumi di daerah tersebut... itulah sebabnya Pertamina menggunakan kuda laut sebagai simbulnya...

putroe intan said...

trima kasih banget mas untuk masukan dan tambahannya, berguna banget :D

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.