Populasi Kupu-kupu Monarch Menurun

Friday, July 29, 2011


Tanaman milkweed (Asclepias syriaca) yang sering dianggap sebagai benalu bagi tanaman di ladang merupakan tempat bagi kupu-kupu monarch (Danaus plexippus) meletakkan telurnya. Karena tanaman milkweed sangat mengganggu tanaman ladang, para petani menggunakan kedelai dan jagung yang dimodifikasi secara genetis agar tahan terhadap milkweed. Hal tersebut berdampak pada kupu-kupu monarch kehilangan tempat untuk meletakkan telur-telurnya.

Peneliti menyebutkan, musnahnya milkweed ditambah lagi dengan penebangan hutan di kawasan Meksiko yang membuat populasi kupu-kupu monarch hilang separuhnya dalam beberapa tahun terakhir. “Sangat jelas bahwa mereka kehilangan banyak sekali habitat, khususnya dalam 10 tahun terakhir,” kata Orley Taylor, ketua Monarch Watch, lembaga pemerhati kupu-kupu, di Lawrence, Kansas, Amerika Serikat.

Menurut data Monarch Watch, kupu-kupu monarch kehilangan habitatnya di Meksiko dan Amerika Serikat dalam kecepatan sekitar 24 kilometer persegi setiah harinya. Untuk mengatasi hal, Monarch Watch mendorong orang-orang untuk menanam milkweed di pinggir jalan. Wacana ini sendiri sudah menjadi topik pembahasan dengan Kansas Department of Transportation dengan tujuan untuk memasukkan milkweed ke dalam upaya penghijauan.







Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.