Belut Listrik

Sunday, September 4, 2011

Belut listrik

Belut listrik (Electrophorus electricus) merupakan spesies ikan air tawar yang masih mempunyai kerabat dengan ikan lele. Diberi nama belut listrik karena belut ini bisa mengeluarkan aliran listrik yang sangat kuat hingga 650 volt. Ikan belut ini biasa ditemukan di Sungai Amazon dan Sungai Orinoko serta daerah-daerah di sekitarnya.

Belut listrik memiliki tubuh panjang mirip silinder. Biasanya panjang tubuhnya sekitar 2 m dan mempunyai berat sekitar 20 kg. Belut listrik mempunyai warna abu-abu gelap, warna coklat pasa bagian belakang dan warna kuning atau orange pada bagian perut. Belut jantan memiliki warna yang lebih gelap pada bagian perutnya.

Ikan belut listrik memiliki organ pernafasan Vascularized dalam rongga mulut mereka, oleh karena itu ikan ini naik kepermukaan setiap 10 menit atau lebih untuk mengambil udara sebelum kembali lagi ke dasar air.Belut listrik memiliki tiga pasang perut organ yang menghasilkan listrik: organ utama, organ Hunter, dan organ Sachs. Organ-organ ini membentuk empat-perlima dari tubuhnya, sehingga memberikan belut listrik kemampuan untuk menghasilkan dua jenis tingkat organ listrik (EODs), tegangan rendah dan tegangan tinggi.

Ketika belut mendapatkan mangsanya, otak mengirimkan sinyal melalui sistem saraf ke sel listrik. Hal ini membuka saluran ion, memungkinkan natrium bermuatan positif mengalir melalui pembalikan sejenak. Dengan menyebabkan perbedaan tegangan tiba-tiba, itu menghasilkan arus listrik.

Belut listrik menghasilkan energi karakteristik listrik dalam cara yang mirip dengan baterai, di mana piring ditumpuk menghasilkan muatan listrik. Dalam belut listrik, sekitar 5.000 hingga 6.000 electroplaques ditumpuk mampu menghasilkan kejutan sampai dengan 500 volt dan 1 ampere arus (500 watt). Seperti daya kejut yang dapat mematikan bagi manusia dewasa.

Belut listrik mampu memvariasikan intensitas debit listrik. Ketika ia berburu, menggunakan debit rendah dan intensitas yang lebih tinggi untuk mangsa yang lebih besar, atau membela diri. Ketika terancam, ia mampu menghasilkan kejutan listrik yang sangat luar biasa setidaknya satu jam sebelum lelah.

Belut listrik memakan invertebrata, meskipun belut dewasa juga dapat mengkonsumsi ikan dan mamalia kecil seperti udang atau kepiting. Pertama lahir, bayi belut ini bahkan makan telur dan embrio lain dari sarang mereka.

Menjaga belut listrik di penangkaran sangat sulit dan hanya ada beberapa saja di kebun binatang dan akuarium. Belut listrik memerlukan akuarium dan minimal 200 galon air. Belut listrik umumnya harus disimpan dalam tangki akuarium hanya sendiri saja, meskipun belut listrik dewasa umumnya mentolerir satu sama lain. Belut listrik muda sering akan melawan jika ditempatkan dalam akuarium yang sama. Belut listrik tidak dapat disimpan dengan ikan lainnya karena mereka akan menyerang dan memangsa mereka.






Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.