Waspada Angin Kencang

Sunday, September 4, 2011

angin kencang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, meminta agar masyarakat waspada terhadap kemungkinan bakal terjadinya angin kencang selama sepekan ke depan (4-10 September 2011). Angin yang berembus dengan kecepatan 50 km/jam bisa menumbangkan pohon, menerbangkan atap rumah, dan menganggu penerbangan.

Terdapat siklon tropis Talas di Samudra Pasifik Barat dan adanya daerah pusat tekanan rendah di Laut Cina Selatan mempengaruhi dinamika atmosfer di wilayah Aceh. "Terkait adanya siklon tropis itu Aceh tujuh hari ke depan diprediksi BMKG arah angin di wilayah Aceh yang berembus dari arah barat daya menuju wilayah pesisir barat-selatan Aceh dengan kecepatan 50 km/jam" ujar Kasi Obseravsi dan Informasi, Suprapto melalui prakirawan Jaya Martuah Sinaga kepada Serambi, Sabtu (3/9).

Menurutnya, dengan kondisi seperti itu masyarakat diminta untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya gelombang laut yang tinggi, membetulkan struktur bangunan atap rumah yang tidak kokoh, dan menebang pohon yang sudah tua. Apalagi yang tumbuhnya dekat rumah.

"Angin kencang dengan tiupan 50 km/jam ini juga memengaruhi penerbangan. Kalau angin kencang yang berembus dari atas ke bawah dengan kecepatan seperti itu bisa menyebabkan goncangan terhadap pesawat sehingga pesawat tidak bisa take off dan landing dengan sempurna. Sedangkan untuk di laut, angin kencang juga bisa memacu terjadinya gelombang tinggi" kata Jaya.

Selain dilanda angin kencang, bagian utara Aceh akibat adanya siklon tropis Talas diprakirakan hujan akan turun dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai guntur/petir.

Masyarakat juga diminta untuk waspada dengan sambaran petir dan diminta agar tidak berteduh di bawah pohon, mengingat kayu merupakan penghantar listrik. "Juga kurangi aktivitas di tempat terbuka dan matikan alat elektronik di rumah," saran Jaya.

Sementara itu, gelombang laut diperkirakan sepekan depan di perairan utara dan timur Aceh tingginya berkisar 1,25-2,5 meter. Di perairan Aceh (Pulo Aceh dan Sabang) tingginya antara 0,75-1,25 meter dan barat dan selatan Aceh berkisar 1,25-2,0 meter.




Sumber: http://aceh.tribunnews.com



Artikel Terkait Lainnya:

0 comments:

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.