Spesies Lumba-lumba Baru

Tuesday, September 20, 2011

lumba-lumba

Spesies baru lumba-lumba telah ditemukan di Australia. Sebelumnya para peneliti berasumsi bahwa jenis lumba-lumba ini adalah salah satu dari spesies lumba-lumba hidung botol Tursiops truncatus. Namun, dari penelitian DNA dan analisis terhadap tengkorak di museum terhadap jenis lainnya, diketahui bahwa populasi lumba-lumba tersebut merupakan sebuah spesies yang baru.

Sekitar seratus Burrunan lumba-lumba telah ditemukan di Port Phillip Bay dekat Melbourne, kota kedua Australia yang paling padat penduduknya. 50 lainnya diketahui sering berada di danau air asin di pesisir wilayah Gippsland, dua ratus mil atau lebih dari Melbourne.

Dari hasil tes DNA telah menunjukkan bahwa lumba-lumba baru ini secara genetik sangat berbeda dari dua spesies lumba-lumba botol dan Indo-Pasifik botol. Lumba-lumba temuan baru ini memiliki perbedaan tengkorak dengan dua jenis spesies lumba-lumba sebelumnya.

Dibandingkan dengan lumba-lumba lain, lumba-lumba Burrunan memiliki sirip punggung lebih melengkung, paruh stubbier, dan "tricoloration" unik dengan warna abu-abu gelap, dan putih.

Setelah diketahui lumba-lumba Burrunan merupakan spesies yang berbeda dan memiliki habitat yang sangat sedikit, kemungkinan besar lumba-lumba ini langsung termasuk dalam kategori hewan terancam punah.






Artikel Terkait Lainnya:

3 comments:

Belajar Photoshop said...

kenapa di namain botol iia?!??! hmmm..

intan said...

karena bentuk bagian mulutnya yang menyerupai botol ^^

harimausumatera said...

masih banyak hal-hal aneh dan rahasia yang belum teruangkap...mudah2 an dimasa akan datang akan banyak yang ditemukan hewan lainnyamasih banyak hal-hal aneh dan rahasia yang belum teruangkap...mudah2 an dimasa akan datang akan banyak yang ditemukan hewan lainnya

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.