Dua Sumber Daya Alam Masa Depan

Wednesday, October 12, 2011

solarhydro-vs-solarpanel

Pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga surya merupakan sumber energi yang tidak memiliki sumber daya terbatas. Oleh karena itu, penggunaan kedua sumber energi alam ini sangat perlu dijaga dan tidak menghilangkannya dari penggunaan lain. Penggunaan tenaga air dan surya menciptakan pulosi terhadap lingkungan lebih kecil jika dibandingkan dengan media lain. Di Amerika Serikat sendiri terhitung sekitar 6 persen dari pasokan energi menggunakan PLTA.

PLTA lebih dapat diandalkan dari pada energi tenaga surya karena memiliki pasokan energi yang tidak terputus. Lain halnya dengan tenaga surya yang sumber energinya intermiten dengan terbatasnya periode waktu pemasokan energi. Seperti pada malam hari dan hari mendung, mungkin untuk pemakaian pada rumah serta alat rumah tangga tidak akan terlalu berpengaruh. Sangat berbeda halnya jika dipergunakan pada industri yang membutuhkan tenaga besar sangat membutuhkan sumber cadangan lain untuk membantu disaat permintaan tenaga tinggi dan pasokan yang dimiliki rendah.

Hydropower (PLTA) menciptakan dampak kerugian lingkungan lebih besar dari pada tenaga surya. Secara objektif, pembangkit tenaga air sangat membutuhkan bendungan sungai yang berfungsi sebagai sumber. Hal ini sangat berpengaruh pada habitat hewan, ikan dan juga tanaman.

Sumber tenaga air tidak bisa digunakan untuk keperluan kecil, seperti untuk menjalankan perangkat portable, senter, kalkulator atau menonton. Dalam penggunaan hal kecil ini, tenaga surya bisa digunakan karena sumber bisa diakses dari energi matahari.

Jika dua sumber tenaga alam ini bisa dimanfaat secara sejalan, maka akan banyak dampak yang sangat menguntungkan bagi manusia. Seperti pembangunan waduk untuk PLTA, bisa menciptakan sumber daya pusat rekreasi untuk masyarakat. Waduk juga dapat meningkatkankan pasokan air setempat memberikan pengairan pada lahan-lahan pertanian (irigasi) dan juga sangat membantu dalam penanggulangan banjir. Sedangkan untuk hal-hal kecil yang dilakukan diluar yang tidak mungkin terjangkau apabila manggunakan sumber tenaga air, bisa menggunakan sumber tenaga surya.

Setiap penggunaan sumber daya alam, pasti akan menimbulkan efek buruknya. Namun dengan penaggulangan dan pengelolaan yang terarah serta terjaga, stabilitas habitat lingkungan akan tetap terjaga. Untuk menggunakan kedua sumber daya energi ini masih jauh dari jangkauan karena menelan biaya yang sangat besar yang mungkin untuk masyarakat tidak dapat terjangkaunya.

Namun secara pasti dan mungkin segera terjadi, kita tidak bisa terus tergantung pada bahan bakar fosil yang mempunyai sumber daya terbatas serta pencemaran yang terus-menerus disebabkan pada penggunaannya.





Artikel Terkait Lainnya:

3 comments:

Obat Sakit 2011 said...

Tenaga surya ini lebih aman gan bebas dari polusi atau mungkin polusi yang didapatkan lebih sedikit

putroe intan said...

benar sekali mas,, kelemahan tenaga surya sangat bergantung pada cuaca alam

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.