Virus Menyerang Ikan Salmon

Tuesday, November 8, 2011


Populasi ikan salmon yang kembali mencari makan ke hilir sungai mengalami penurunan drastis, khususnya di sungai Fraster, Kanada. Setelah diteliti penyebabnya adalah ikan salmon tersebut terkena virus yang disebut sebagai Infection Salmon Anemia. Sebelumnya virus ini juga ditemukan di peternakan ikan di kawasan timur Kanada, Norwegia, dan Chili.

Biolog Alexandra Morton, yang mengirimkan sampel ikan salmon coho dan sockeye untuk diteliti menyalahkan pertanian salmon di perairan terbuka sebagai penyebab peredaran virus tersebut. Adapun virus itu kemungkinan tiba di kawasan British Columbia, Kanada, bersama dengan telur ikan salmon impor. “Ini sangat tidak terduga. Kami tidak mengetahui penyebabnya dan itu yang membuat banyak orang khawatir,” ucap Morton.

Dari pemantauan, jumlah ikan salmon yang kembali ke hulu sungai Fraser untuk bertelur sempat turun hingga 1 juta ekor pada tahun 2009 lalu saat peneliti memprediksi bahwa akan ada 10 juta ekor ikan yang kembali untuk bertelur. Meski begitu, angka ini sempat pulih pada tahun 2010. Namun menurut para pengamat salmon, angka tersebut merupakan anomali.

Bruce Cohoen, hakim dari pengadilan tinggi setempat, telah menjadwalkan pemeriksaan terkait bukti-bukti dan bagaimana virus Infectious Salmon Anemia bisa menyebar ke daerah tersebut.



Sumber: nationalgeographic.co.id



Artikel Terkait Lainnya:

2 comments:

Farixsantips said...

waadduhhh harus hati hati nih sama ikan salmon kalau tau gini

Asis Sugianto said...

wah terima kasih atas informasi Virus ikna salmonnya sobat,, jadi lebih berhati-hati dalam memilih ikan,,,

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.