Orangutan Masih Jadi Buruan

Sunday, November 20, 2011


Ratusan kera besar atau orangutan diburu setiap tahun untuk daging atau untuk menghilangkan ancaman terhadap tanaman. Di pulau Kalimantan sendiri menurut survei dari 7.000 penduduk setempat, mengakui orangutan paling banyak diburu untuk diambil daging dan diperjual-belikan.

Hasil survei menunjukkan bahwa antara 750 dan 1.790 Borneo orangutan yang dibunuh setiap tahun di Kalimantan cukup tinggi. Ini merupakan ancaman serius bagi kelangsungan hidup orangutan di Kalimantan.

Terdapat dua spesies orangutan yang berbeda, orangutan Kalimantan dan orangutan Sumatera. Sementara kedua spesies ini dianggap terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa jika seandainya lebih dari satu persen dari orangutan betina dalam populasi tertentu yang tewas dalam satu tahun, maka populasi yang akan punah merupakan angka yang tidak baik untuk orangutan Kalimantan. Dengan asumsi bahwa laki-laki dan perempuan yang tewas dalam jumlah yang sama, kemudian di antara 375 dan 1.550 perempuan orangutan-atau antara 0,9 dan 3,6 persen dari total orangutan betina Kalimantan populasi dibunuh setiap tahunnya.

Para pemburu biasanya hanya dapat membunuh hewan menggunakan perangkap sederhana atau tombak, tapi sekarang mereka punya alat seperti racun dan AK-47 dan bahan peledak, yang membuat efek mematikan yang jauh lebih efisien.




Photograph by Tim Laman, National Geographic



Artikel Terkait Lainnya:

3 comments:

Musa Khairul Umam said...

Sekarang itu apa aja diburu ama manusia,entah jumlahnya banyak atau langka

Alprablog™ said...

award dari saya, tolong di terima :)

Asis Sugianto said...

lama kelamaan akan punah nih orang hutan jika seperti ini terus selalu diburuh dagingnya...

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.