Lebah

Monday, July 4, 2011


Lebah merupakan serangga yang suka hidup berkelompok, walaupun ada beberapa spesis lebah yang tidak hidup berkelompok. Sebagai serangga bersayap selaput, lebah mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Makanan lebah berupa nektar bunga dan serbuk sari. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah.

Beberapa lebah betina dari spesies tertentu hidup sendiri (soliter). Lebah soliter membangun sendiri sarangnya dan mencari makan untuk keturunnya tanpa bantuan lebah lain dan biasanya mati atau meninggalkan sarang pada saat keturunnya belum menjadi lebah dewasa.

Lebah ratu hanya satu ekor dalam setiap koloni dan mengawal semua kegiatan lebah betina dan lebah jantan. Badann lebah ratu lebih besar karena sejak masih dalam bentuk larva ia diberi makan royal jelly yang kaya akan khasiat. Tugas lebha ratu ialah kawin dan bertelur dan mampu menghasilkan bertelur kira-kira 2.000 butir sehari dengan harapan hidup tiga tahun.

Lebah betina bertugas mengumpulkan serbuk sari dan nektar yang berguna untuk menghasilkan madu dalam tubuhnya dan disimpan dalam sarang sebagai makanan termasuk makanan larva dan pupa. Beberapa lebah betina bertugas membersihkan sarang dan menjaga anak-anak lebah. Lebah betina terbentuk tanpa melalui perkawinan dan mandul (steril) karena hanya memiliki satu set kromosom.

Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu dan akan mati setelah kawin.

Dalam suatu koloni terdapat tiga kasta, yaitu:
- Lebah ratu
- Lebah betina
- Lebah jantan.

Lebah menjalani metamorfosis, yaitu:
- Telur
- Larva
- Kepompong (pupa)
- Lebah dewasa (imago)

Lebah sering menggunakan sengatan ekornya saat merasa terusik. Lebah menusukkan sengatan ekornya berkali-kali sehingga musuh merasa kesakitan. Sengatan yang dilakukan pada musuh sering lepas atau tertinggal pada kulit musuh, yang berakibat menarik alat pencernaanya dan dalam beberapa menit kemudian lebah pun ikut mati.

Lebah di alam berfungsi sebagai serangga penyerbuk. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari dimanfaatkan tumbuhan untuk penyerbukan dan penyebaran serbuk sari tumbuhan. Dalam penyerbukan buatan tanaman tertentu, lebah dipelihara dalam kurungan berisi tumbuhan yang akan disilangkan.

Lebah menghasilkan madu yang sangat disukai oleh hewan, khusus beruang. Pemanfaatan madu oleh manusia sebagai makanan serta obat-obatan. sehingga manusia mempelajari ilmu tentang lebah dan pemeliharaannya yang dikenal sebagai apiari.







Artikel Terkait Lainnya:

2 comments:

Aa said...

:)

Obat Sakit 2011 said...

lebah yang menghasilkan madu ini bisa digunakan obat beragam penyakit bisa disembuhkan.
Sangat jelas dalam kitab tertulis khasiat madu di dalamnya

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.