Uakaris si Muka Merah

Saturday, November 26, 2011


Kepala botak dengan wajah merah merupakan ciri khas dari primata ini. Uakaris adalah primata kecil yang berasal dari Selatan Amerika. Bulunya panjang lebat dan memiliki warna bervariasi dari coklat sampai jingga. Monyet ini hidup di lembah sungai Amazon yang mempunyai sumber air atau disekitar sungai kecil dan danau, terkadang mereka menetap secara permanen ditempat tersebut bila tidak merasa terancam dari pemangsa.

Monyet ini terkenal rasa sosialnya antar sesama dan suka berkumpul dalam kelompok besar, tetapi pada saat siang hari mereka berpisah dari kelompok besar untuk mencari makan dengan membentuk kelompok kecil. Pada malam hari primata ini tidur ditempat yang tinggi di dalam hutan tropis.

Tidak seperti kebanyakan monyet memiliki ekor panjang untuk menjaga keseimbangan, Uakaris memiliki ekor yang sangat pendek, tapi bergerak gesit antara pohon ke pohon dengan lengan dan kakinya.

Uakaris mengkonsumsi buah-buahan sebagai makanannya, tetapi terkadang mereka juga mengkonsumsi dedaunan dan juga beberapa serangga. Rahang yang kuat Uakaris dapat membuka kacang Brazil yang sangat keras. Kebiasaan dari Uakaris adalah suka mengumpulkan makanan di atas pohon, bila periode kering dan makanan sangat langka, primata ini singgah ke tanah untuk mencari biji-bijian yang jatuh atau akat-akar pohon.

Uakaris betina melahirkan bayi tunggal pada setiap tahun. Usia reproduksi pada betina Uakaris adalah tiga tahun dan jantan 6 tahun, oleh karena itu Uakaris tidak mengalami pertumbuhan yang cepat pada habitatnya.

Primata cerdas ini berada diambang kepunahan, mereka diburu untuk dijual dan untuk dimakan. Perusakan lingkungan primata juga semakin meningkat, sehingga lingkungan tempat Uakaris semakin sempit bahkan akan hilang.



Sumber: nationalgeographic.com
Photograph by Mattias Klum



Artikel Terkait Lainnya:

5 comments:

Asis Sugianto said...

Informasi yang baru nih buat saya sobat, soalnya saya baru dengar ada primata namanya uakaris apa uakiris nih sobat???

putroe intan said...

maaf sob terjadi kesalahan dalam penulisan,,

namanya uakaris

sudah diralat sob ^^

Asis Sugianto said...

makanya saya heran sobat, yang benar yang mana nih, sooalnya saya baru tahu nih tentang uakaris...

putroe intan said...

saya juga baru tahu sob aukaris itu,, kalau ditanya sama orang apa aukaris udah bisa jawab,, ndak ndeeso lagi :p

Unknown said...

Benar-benar saya senang banyak disuguhkan ilmu pengetahuan tentang binatang disini.Makasih banyak untuk semua infonya.Happy Blogging.

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.