Pengenalan Definisi Musim

Saturday, December 3, 2011


Musim adalah periode tahun yang dibedakan oleh suatu kondisi iklim khusus. Empat musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan musim dingin mengikuti satu sama lain secara teratur. Masing-masing memiliki siklus cahaya sendiri, suhu, dan pola cuaca yang berulang-ulang secara tahunan.

Di belahan bumi utara sendiri, musim dingin umumnya dimulai pada tanggal 21 atau 22. Ini adalah titik balik matahari musim dingin, hari tahun dengan periode terpendek siang hari. Musim panas dimulai pada tanggal 20 Juni atau 21 (summer solstice), yang memiliki sebagian besar siang hari setiap hari dalam setahun. Semi dan musim gugur, atau musim gugur, dimulai pada ekuinoks, hari-hari yang memiliki jumlah yang sama siang dan kegelapan. Para vernal, atau musim semi, ekuinoks jatuh pada tanggal 20 atau 21, dan musim gugur ekuinoks adalah pada tanggal 22 atau 23.

Musim di belahan bumi utara adalah kebalikan dari belahan bumi selatan. Ini berarti bahwa di Argentina dan Australia, musim dingin dimulai pada bulan Juni. Titik balik matahari musim dingin di belahan bumi selatan adalah bulan Juni 20 atau 21, sedangkan summer solstice, hari terpanjang tahun, adalah tanggal 21 atau 22.

Peristiwa ini terjadi karena bumi terletak miring pada porosnya seperti lingkaran matahari. Sumbu bumi tidak dapat dilihat secara mata telanjang, namun sumbu ini berjalan melalui pusat dari kutup utara.

Pada bulan Juni, ketika belahan bumi utara dimiringkan ke arah matahari, sinar matahari memukul itu untuk sebagian besar hari daripada di musim dingin. Ini berarti mendapatkan lebih jam siang hari. Ketika belahan bumi utara dimiringkan ke arah matahari, sinar matahari juga memukulnya cukup secara langsung, membuat mereka kuat dan pemanasan. Pada bulan Desember, ketika belahan bumi utara adalah dimiringkan jauh dari matahari, sinar matahari datang pada sudut, membuat mereka lemah dan kurang dari pemanasan di musim panas.

Musim dingin biasanya memiliki cuaca dingin, siang sedikit, dan pertumbuhan tanaman terbatas. Pada musim semi, tanaman tumbuh, pohon daun membentangkan, dan mekar bunga. Musim panas adalah waktu terpanas tahun dan memiliki siang hari yang paling, sehingga tanaman tumbuh dengan cepat. Pada musim gugur, suhu drop, dan banyak pohon kehilangan daun mereka.

Tahun empat musim yang khas hanya terjadi pada pertengahan garis lintang. Pertengahan garis lintang adalah tempat yang tidak dekat kutub atau dekat khatulistiwa. Semakin jauh kita pergi ke utara, semakin besar perbedaan musim. Helsinki, Finlandia, melihat 18,5 jam siang hari di pertengahan Juni. Pada pertengahan Desember misalnya, cahaya matahari yang diterima kurang dari 6 jam. Athena, Yunani, di selatan Eropa, memiliki variasi yang lebih kecil. Ini memiliki 14,5 jam siang hari pada bulan Juni dan 9,5 jam pada bulan Desember.

Wilayah yang dekat dengan khatulistiwa terjadi sedikit variasi musiman. Pada wilayah ini umlah yang sama siang dan kegelapan sepanjang tahun. Sudut sinar matahari juga tidak banyak berubah, sehingga tempat ini tetap hangat sepanjang tahun. Dekat khatulistiwa, daerah biasanya memiliki musim hujan dan kering.

Di daerah kutub, sudut sinar matahari miring sepanjang tahun. Daerah ini umumnya lebih dingin dari pada tempat lain di Bumi. Dekat kutub, jumlah siang hari perubahan dramatis antara musim panas dan musim dingin. Di Barrow, Alaska, kota paling utara di Amerika Serikat, itu tetap cahaya sepanjang hari antara pertengahan Mei dan awal Agustus. Kota ini dalam kegelapan total antara pertengahan November dan Januari.




Sember: Putroeintan.blogspot.com



Artikel Terkait Lainnya:

14 comments:

HONDA CENTER said...

paling seneng kalo pas melewati musim kemarau di akhir tahun biasanya juga musim duren sedang ramai-ramainya...

Farixsantips said...

aku belum pernah merasakannya musim dingin :( ingin sekali merasakan salju!

V-MediaKom said...

sama dengan sobat diatas, kapan ane bisa merasakan salju.. :(
Menyenangkan uey... :)

putroe intan said...

benar sekali sob,, makan buah enak :D

kalau udah ada musim salju, pasti ada badai salju,, gawat tu :D

Er'end said...

Ane paling mengenal musim cinta sob,makasih banyak untuk definisi musimnya.Happy weekend and happy blogging

Alprablog™ said...

paling enak musim hujan, bawaannya pgn tdr trs... :D

putroe intan said...

sobat@er'end : hihihihihi

sobat@Alpra : ntar kalau tidur gak bangun2 lagi, gimana tu :P

Jurnal Rachmat said...

kira - kira ada kemungkinan ga sob di indonesia terjadi musim salju dan musim semi ?

putroe intan said...

kalau secara ilmiah dan sains sih, kemungkinannya 0,001%

tapi kalau Allah berkehendak, apa saja bisa terjadi dengan segera :)

Obat Sakit 2011 said...

Musim Indonesia cuma 2 saja gan ya
kapan bisa 3 musim atau lebih

ryman said...

asik sekali kalo ada musim lebih dari dua di indonesia.

Alprablog™ said...

mati dong klo ga bangun" ~,~"

obat luka bakar said...

waaahh, jadi mupeng rasain musim salju dan gugur..
indah kali ya, kalo musim gugur tiba.. :D

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Post a Comment

Klik " +1 " Bila anda menyukai artikel ini...
Sedikit saja komentar anda untuk membangun artikel sederhana ini ^_^

 
© Design modified 2010-2011 putroe intan | Powered by Blogger.com.